Vasco da Gama

Posted by Unknown On Minggu, 12 Mei 2013 1 komentar

Vasco da Gama - Portugis Explorer

Vasco da Gama adalah seorang penjelajah Portugis yang menemukan rute laut ke India dari Eropa melalui Tanjung Harapan. Hal ini diyakini bahwa da Gama lahir di Sines, Portugal, pada sekitar 1460.

Ia menerima janji pertama yang penting nya pada tahun 1497 ketika ia diangkat komandan ekspedisi empat kapal yang melanjutkan pekerjaan yang dimulai oleh Bartolomeu Dias, yang telah berusaha untuk menemukan rute dari Eropa ke India melalui Tanjung Harapan.


Vasco da Gama

Ekspedisi Dias hanya membuat jarak pendek melewati Tanjung Harapan. Ekspedisi Da Gama berangkat dari Lisbon pada tanggal 8 Juli 1497. Kapal-kapal melewati Kepulauan Canary pada tanggal 15 Juli, tapi kemudian menjadi terpisah dalam kabut. Mereka mampu untuk berkumpul kembali pada tanggal 26 Juli di Cape Verde pulau Santiago.

Da Gama ingin menghindari Teluk Guinea, di mana Dias punya masalah dengan cuaca dan arus. Untuk melakukan hal ini Gama da berlayar kapal keluar ke Samudera Atlantik, akhirnya datang dalam 600 mil dari Amerika Selatan. Ketika kapal da Gama akhirnya mendarat pada 7 November, mereka telah di laut terbuka selama 96 hari dan telah berlayar 4.500 mil.

Armada menghabiskan delapan hari berikutnya di St Helena Bay sebelum melanjutkan ke Tanjung Harapan, yang mereka berlayar sekitar tanggal 22 November. Menempatkan ke Mossel Bay, awak da Gama putus kapal suplai mereka dan membagikan pasokan ke kapal lain. Mereka berangkat lagi pada tanggal 8 Desember.

Membuat jalan mereka ke pantai timur Afrika ekspedisi berlabuh di muara Sungai Kilimane, di mana mereka menghabiskan 32 hari memperbaiki kapal mereka dan anggota keperawatan dari kru yang telah turun dengan kudis. Dari sana mereka melanjutkan ke pantai menempatkan ke Malindi pada 13 April 1498. Di Malindi, sultan setempat memberikan da Gama pilot, yang meninggalkan dengan mereka pada tanggal 24 April saat mereka berangkat untuk menyeberangi Samudera Hindia.

Da Gama berhasil melintasi Samudera Hindia dan berlabuh di kota Calicut, India, pada 20 Mei. Dia menghabiskan beberapa bulan berikutnya mencoba untuk bekerja di luar perjanjian perdagangan dengan rajah lokal, tetapi karena intervensi dari para pedagang Muslim lokal, ia tidak dapat mencapai kesepakatan dan pulang ke rumah pada akhir Agustus 1498.

Perjalanan kembali melintasi Samudera Hindia terbukti menjadi jauh lebih sulit. Pada saat kapal itu dimasukkan ke Malindi (7 Januari 1499), dia dipaksa, karena kerugian di kalangan krunya, membakar salah satu dari kapal dan melanjutkan dengan hanya dua kapal. Kapal-kapal berlayar dan mengitari Tanjung Harapan pada tanggal 20 Maret 1499.

Kapal-kapal menjadi terpisah dalam badai pada bulan April. Kapal da Gama pada membuatnya ke Cape Verde, di mana ia mengirim kapal ke Lisbon sementara ia mengambil saudaranya mati di sebuah kapal disewa untuk Azores, di mana saudaranya meninggal. Da Gama kemudian pergi ke Lisbon, di mana ia tiba di September 8, 1499, untuk penerimaan pahlawan.

Pelayaran kedua Da Gama ke India adalah tahun 1502 dan terdiri dari 20 kapal. Selama perjalanan ini, ia membombardir kota Calicut. Dia mampu menandatangani perjanjian dengan raja-raja di kota-kota Cochin dan Cannanore.

Dengan tersisa 13 kapal penuh barang ia berlayar ke Portugal pada tanggal 28 Desember 1502. Dia mencapai Lisbon pada tanggal 1 September 1503. Raja Manuel I menghadiahinya dengan judul Laksamana Laut India dan hitungan Vidigueira.

Da Gama dipanggil lagi pada tahun 1524 oleh Raja João III yang Saleh ketika urusan Portugis di India telah menurun. Raja mengangkatnya menjadi raja muda India dan mengirimnya sana dengan 14 kapal. Armada meninggalkan Lisbon pada tanggal 9 April 1524, dan tiba di pelabuhan India Chaul pada tanggal 5 September 1524, setelah kehilangan dua kapal sepanjang jalan.

Pada akhir bulan, dia telah mencapai Goa, ibukota Portugis di India. Da Gama berusaha untuk mengakhiri korupsi, namun cara-cara yang keras itu tidak membantu. Kemudian pada malam Natal tahun 1524, ia meninggal dunia. Tubuhnya tidak dikembalikan ke Portugal hingga 1538.
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. VASCO DA GAMA: SEJARAH YANG PERLU DILURUSKAN

    Dalam perjalanannya ke India pada tahun 1502. Dia menghentikan sebuah kapal jemaah haji membawa 700 Muslim dalam perjalanan mereka ke Mekkah di Teluk Oman dan membakar mereka hidup-hidup di atas kapal !!

    Vasco Da Gama menghancurkan hampir 300 masjid di salah satu perang salibnya melawan Muslim Afrika Timur.
    Ketika armadanya tiba di Mozambik, dia berkata: "Sekarang kami telah mengepung umat Islam dan hanya tinggal menarik benang"

    Vasco da Gama bertemu dengan kapal jemaah haji yang baru pulang dari Mekah. Dia menjarah semua barang mereka, mengumpulkan 380 penumpang kapal dan membakarnya.
    Kapal membutuhkan waktu empat hari untuk tenggelam ke laut, membunuh semua pria, wanita dan anak-anak.

    Vasco Da Gama tiba di kota Kalkuta, India. Kota ini dia hancurkan dengan meriamnya. Di kota ini pula dia menampilkan pertunjukan bagi tawanan perang setelah tangan, telinga dan telinga mereka dipotong dan giginya dipatahkan, kemudian mereka diikat dalam kapal lalu membakarnya.

    Di sekolah kita diajari bahwa dia adalah seorang penjelajah dan kita tidak pernah diberitahu bahwa dia adalah penjahat penumpah darah
    yang penuh kebencian.

    Pemalsuan sejarah demi musuh ..
    Hanya orang-orang bodoh yang enggan untuk meluruskan sejarah ini.

    Sumber:
    تحت ظلال السيوف
    مختصر التاريخ السياسي للخليج العربي منذ أقدم حضاراته حتى عام 1971
    (Di Bawah Bayang-bayang Pedang. Ringkasan
    Sejarah Politik Teluk Arab Sejak Peradaban Tertua Hingga Tahun 1971)

    BalasHapus

Kalau udah dibaca mohon sisipkan komentar ea :D
untuk kemajuan blog saya
terimakasih :D