Mitologi Yunani : Dewa ZEUS (JUPITER)

Posted by Triyanto.d Saputra On Kamis, 27 September 2012 3 komentar
ZEUS (JUPITER)

Zeus dan dua saudaranya mendapatkan wilayah kekuasaan yang banyak. Laut di berikan pada Poseidon, sementara neraka di berikan kepada Hades. Zeus menjadi penguasa tertinggi. Ia penguasa Langit, dewa Hujan dan pengumpul awan yang memiliki halilintar mengerikan. Kekuatannya jauh lebuh besar di bandingkan para dewa lainnya. Dalam Iliad ia berkata tentang keluarganya, “Aku paling perkasa. Cobalah jika kalian ingin membuktikannya. Kalian tidak dapat mengalahkanku. Namun aku dapat membinasakan kalian dengan mudah. Aku dapat mengikat bumi dan laut sekaligus dan menggantungkannya di langit.”
Namun Zeus tidak maha kuasa atau maha mengetahui, dapat ditentang dan di tipu. Poseidon menipunya dalan Lliad dan begitu juga dengan Hera. Terkadang, kekuatan misterius, Takdir (Fate), berbicara lebih kuat darinya. Homer membuat Hera bertanya kepada Zeus dengan penuh ejekan jika ia ingin menunda kematian seorang manusia yang di takdirkan mati.


Zeus adalah dewa yang mudah jatuh cinta kepada wanita dan berusaha menyembunyikan perselingkuhannya dari istrinya. Penjelasan mengapa tindakan tersebut dilakukan seorang dewa yang penuh dengan keagungan adalah, menurut para sarjana, bahwa Zeus adalah perpaduan dari banyak dewa. Ketika pemujaan terhadapnya menyebar ke sebuah kota dimana disana sidah terdapat yang berkuasa, maka keduanya berfungsi menjadi satu. Istri dari dewa tersebut kemudian diserahkan kepada Zeus. Hasilnya, bahaimanapun juga, tidak menyenangkan dan bangsa Yunani yang kemudian tidak menyukai akhir hubungan cinta seperti itu.

Dalam catatan yang paling awal, Zeus memiliki keagungan. Agamemmon berdoa kepada Zeus dalam Oliad, “ Zeus, yang maha adung dan maha kuasa, Dewa badai-awan, engkau mendiami surge” Zeus menuntut manusia melakukan perbuatan yang benar dan member persembahan kepadanya. Pasukan Yunani di Troy berkata” Ayah Zeus tidak akan menolong mereka yang telah berbohong dan melanggar sumpahnya” Dua citra tentangnya, rendah dan tinggi tetap bertahan untuk sekian lama.


Gambar dadanya adalah pengayoman, mengerikan jika dilihat; burungnya adalah elang, pohonnya adalah pohon ek. Peramalnya (oracle) adalah Dodona di sebuah negeri pohon ek. Kehendak Zeus dapat diketahui dengan mencuri dahun pohon ek yang kemudian diterjemahkan oleh pendeta.
Comments
3 Comments

3 komentar:

Kalau udah dibaca mohon sisipkan komentar ea :D
untuk kemajuan blog saya
terimakasih :D