Indonesia Sebelum Tahun 1500

Posted by Triyanto.d Saputra On Senin, 06 Agustus 2012 3 komentar
1. Perdagangan Asia di Zaman Kuno

Pada permulaan tarich Masehi bojongan-bangsa tadi sudah berakhir. Indonesia didiami suku bangsa yang terkenal hingga masa sekarang, seperti : Batak, Dayak, dan Toraja mendiami pedalaman sementara Melayu, Jawa, Sunda, Madura, bali tinggal di pesisir. Indonesia sudah memiliki hubungan dagang dengan India dan Tiongkok.

Zaman purbakala Asia memiliki dua jalan perniagaan besar, yaitu yang melalui darat dan melalui laut. Jalan darat disebut “Jalan Sutera” mulai dari Tiongkok, Asia Tengah dan Turkestan samapai Laut Tengah. Perhubungan darat antara Tiongkok dengan India di Eropa sudah terkenal sejak tahun 500 SM. Jalan darat adalah jalan paling tua.

Yang melalui laut adalah dari Tiongkok dan Indonesia, melalui Selat Malaka ke India, lalu ke Teluk Persia melalui Syira ke Laut Tengah, ada yang ke Laut Merah, ke Mesir dan ke Laut Tengah. Perhungungan Laut Merah, India, dan Tiongkok mulai lazim pada abad pertama Masehi.

Pada zaman Kekaisaran Romawi terdapat jaring perhubungan perniagaan yang menghubungkan Asia Selatan dengan Laut Tengah. Eropa juga termasuk tetapi perhubungannya dengan Eropa Barat terputus yang menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Romawi yang dilakukan oleh tentara-tentara Islam.
Sistem peminjaman tanah pun timbul. Masyarakat Eropa hanya terdiri dari kaum Raja, Bangsawan dan Tani. Sebaliknya, di Kekaisaran Romawi Timur dan negara-negara kalifat Islam serta India dan Tiongkok lebih tinggi derajatnya daripada Eropa Barat. Lalu pada abad ke 12, lalu lintas Eropa Barat kembali berhubungan dengan Asia.

Sifat paling utama adalah adanya dua golongan pedagang yaitu : pertama adalah golongan orang kaya, hartawan yang memasukkan uangnya sebagai modal di suatu usaha perdagangan. Kedua adalah golongan saudagar klontong. Golongan ini sangat besar, mereka ikut berkeliling dengan barang dagangan mereka.
Golongan pertama memberi uang kepada golongan yang kedua. Banyak badan pemerintahan yang memanfaatkan kekuasaan untuk mencari keuntungan.

Golongan kedua berdagang membawa dagangannya yang sedikit yang terdiri dari beberapa puluh kain tenun. Biasanya barang dagangan adalah barang yang tinggi kualitasnya terutama yang lux. Banyak sekali daftar yang panjang dari berbagai logam, perhiasan, alat senjata, tenunan halus dan sebagainnya.

Agama Islam tak menyebabkan perubahan perniagaan di zaman Kuno. Perdagangan meluas sebab perlindungan negara Islam namu organisasnya tak berubah.

Keadaan Mokka abad ke 17 yaitu suatu kota pelabuhan di negeri Arab yang disinggahi oleh kapal-kapal dagang. Perdagangan dikuasai wali negeri di Mokka. Pasar kota Mokka kecil dan labil keadaannya. Mokka abad ke 17 menyerupai kota Makala tahun 1931, yaitu kota pelabuhan penting di Hadhramaut di Arabia Selatan.

Terdapat dua golongan juga yaitu golongan kaya yang memberi uang serta pemegang kekuasaan dan golongan pedagang kelontong yang besar, menjalankan pekerjaan kotor dengan pengalaman pahit manis. Kedua golongan tersebut terdapat perbedaan martabat masyarakat yang besar.

Perdagangan di zaman kuno adalah suatu perdagangan internasional yang melalui pantai dan pelabuhan sedang daerah pedalaman terabaikan. Perdagangan zaman kuno merupakan suatu sejarah yang tak berubah. Perubahan terjadi ta bersifat kualitatif melainkan kuantiatif. Pasar itu adalah senantiasa sesuatu yang konkrit.
Perdagangan Asia di zaman Kuno sama halnya dengan perdagangan lain, yaitu didorong keinginan mencari keuntungan yang disebut kapitalistis. Kapitalisme dapat ditinjau dari berbagai sudut. Pertama dapat kita lihat dari pengertian yang mengandung dua arti, yaitu : Pertama, kapital dalam hubungan sekonomi perseorangan dan berarti uang atau modal untuk memperoleh alat-alat produksi. Kedua, kapita bisa berarti barangbarang kapital atau alat produksi yang yang diprodusir.

Revolusi Industri yang dimulai tahun 1800 ialah kedudukan industri pabrik yang penting, cara produksi dan daya penggerak mekanis. Sebelum revolusi industri, barang kapital tak memegang peranan penting. Sebelum tahun 1800 tak banyak macam kecuali alat perkakas, misalnya : pacul. Yang sulit adalah perkakas tenun, kincir air, angin dan perahu.


Ketiga, mengemukakan hal kapitalisme bisa kita kemukakan adanya pemisahan antara kapital dan kerja antara pemilik alat produksi dan kaum buruh. Oleh karena itu, pemisahan anatara kaital dan kerja adalah sifat yang utama dari kapitalisme modern atau kapitalisme perindustrian.
Kapitalisme politik adalah kapitalisme hak-hak kekuasaan pemerintah yang digunakan oleh para pembesar pemerintahan untuk mencapai atau memperoleh keuntungan bagi diri sendiri. Bentuk pokok kapitalisme ada dua, yaitu kapitalisme modern dan kapitalisme perdagangan.

2. Perdagangan Laut Kuno Indonesia

Dalam abak ke 7 terdapat perhubungan laut yang tetap antara India dengan Tiongkok melalui Indonesia. Yang diperdagangkan ialah : lada dari Sumatera, Cengkeh dan pala dari Indonesia Timur, kayu berharga dari Sunda.

Perdagangan Indonesia sudah terkenal dari Sumatera Utara abad ke 5-6, dari kerajaan Melayu-Hindu di Palembang abad ke 7-14. Kerajaan Sriwijaya adalah suatu kerajaan pantai, negara perniagaan dan negara yang berkuasa di laut. Disebabkan perdagangan internasional melalui selat Malaka, jadi berhubungan dengan jalan raya perdagangan internasional dari Asia Timur ke Asia Barat paling sedikit 15 abad lamanya.
Sriwijaya adalah pust perdagangan penting pertama pada jalan raya, diganti oleh tempat lain dan terakhir oleh Batavia, Djakarta, dan Singapura.

Beberapa pelabuhan di pantai selat Malaka penting sebagai pelabuhan-pembekalan, karena itu Sriwijaya berusaha memonopoli serta menguasai daerah pesisir. Daerah Jambi, Lampung, Semenanjung Malaka, dan genting-tanah Kra dikuasi. Tahun 767, Sriwijaya merampas Tonkin. Pelayaran Sriwijaya meliputi lautan di India sampai Hindia belakang.

Sebelum kerajaan Jawa mengembangkan kekuasaannya, Sriwijaya adalah negara yang utama di Indonesia. Di smaping Sriwijaya, muncul negara-negara Jawa terutama Jawa Tengah dan Timur, tetapi struktur kerajaan lain dengan Sriwijaya. Penduduk di Sumatera sedikit dibandingkan dengan pulau Jawa.
Kerajaan Jawa Timur mempunyai perdagangan laut banyak, tetapi kekuasannya tidak berdasar pada perniagaan, melainkan pada pertanian. Kerajaan Jawa berdasarkan pertanian, mempunyai dasar agraris. Baik di Sumatera dan Jawa, golongan yang berkuasa terdiri dari kaum raja dan bangsawan. Di Sumatera berdasar perniagaan sedangkan di Jawa berdasar pertanian dan perniagaan.

Dalam masyarakat Barat, golongan penduduk mempunyai kedudukan yang penting. Di Indonesia, sejak dulu kala, kekuasaan kenegaraan selalu di tangan raja dan bangsawan. India dan Tiongkok tidak sama dengan Eropa Barat. Dari abad ke abad terdapat berita perdagangan laut Internasional dari Sumatera dan jawa. Tahun 900 M terdapat perniagaan cengkeh, kayu cendana dan buah pala. Banyak utusan yang dikirim ke Sumatera dan Jawa dalam abad ke 7 Sriwijaya dan abad ke 8 Jawa. Utusan membawa barang yang berharga.

Di Jawa sejak abad 9, titik berat terdapat di Jawa Timur. Dalam abad ke 11, di bawah Raja Erlangga, diadakan persiapan keperluan dagang laut. Terdapat tanda-tanda menyatakan bahwa Tuban pada abad ke 11 mempunyai perdagangan laut. Kota ini menjadi pelabuhan Jawa yang penting. Abad ke 12 kapal dagang Jawa dan Sumatera sampai di Annam. Di Jawa terdapat peredaran uang yaitu emas dan perak.

Kerajaan Kediri mengembangkan angkatan lautnya dan menaklukan kepulauan Indonesia bagian Timur. Asia Tenggara lalu kembali lagi ke kebudayaan aslinya. Kemunduran pengaruh Hindu menyebabkan sifat kejawaan bertambah kuat. Sebelum tahun 1200, titik berat pada “kehinduan” namun sesudah itu bertitik berat pada “kejawaan”. Kerajaan sesudah Kediri yaitu Singosari (1222-1291) dan Majapahit (1293-1500) yang pokok adalah anasir Kejawaan.

Ketiga negara terletak di Jawa Timur. Sebelum tahun 900, kekuasaan Hindu-Jawa berpusat di Jawa Tengah lalu pindah ke Jawa Timur. Tahun 1600, Jawa Tengah mulai menjalankan peranan utama lagi. Ada suatu berita bahasa Arab dari tahun 1154 tantang perdagangan Sriwijaya dengan daerah pantai timur Afrika. Pelayaran bangsa Indonesia hanya terbatas pada pelayaran antar pulau di Indonesia.
Akhir abad ke 13, pergulatan Sriwijaya dengan Jawa Timur mengenai kekuasaan di Indonesia mulai berkobar. Sebelumnya Sriwijaya hanya bergerak dan berkuasa di bagian Barat sementara Jawa Timur hanya mementingkan bagian Timur. Tahun 1257, Pamalayu dimulai yakni ekspedidi perang dari Jawa Timur ke Sumatera dengan pembawa panji merah-putih.

Tahun 1286 sebuah negara Melayu, yaitu negara Ta’luk Kerajaaan Jawa yang lambat laun mnegalahkan kerajaan Sriwijaya. Tahun 1300, Sriwijaya kehilangan gentimg tanah Kra yang direbut oleh Raja Siam.
Di Jawa Timur tahun 1300 muncul kerajaan Majapahit yang melebarkan sayap kekuasaan dan mecapai puncak kemegahan pada tahun 1365. Kerajaan Majapahit tak melioutu kerajaan Pajajajaran dan daerah Jawa Tengah bagian selatan tetapi pada umumnya besar wilayahnya sama dengan Nederlands-Indie.

Kerajaan Majapahit berdasar pada kekuasaan laut. Kerajaan ini menguasai laut dan pantai terpenting di Indonesia. Pemerintah Jawa mencampuri keadaan dalam negeri tersebut. Negeri yan takluk cukup mengirimkan utusan pada waktu tertentu. Segala pengaruh asing dalam kerajaan ditolak. Pegawai Jawa dikirim ke daerah taklukan untuk memungut sumbangan dari daerah jajahan itu.

Berabad-abad lamanya, Tuban adalah pelabuhan yang terbesar di Jawa. Abad 15 muncullah kota Gresik yang terdapat banyak orang Tionghoa yang kaya. Kota ini gudang besar rempah-rempah. Jepara juga menjadi penting bagi ekspor beras. Rempah diperdagangkan terus ke Barat melalui Selat Malaka ke Tiongkok. Jawa mengeluarkan beras ke Maluku. Abad 15 adalah perniagaan transito rempah dari Maluku ke Barat dan Utara lalu ekspor beras dari Jawa ke pusat.

Sesudah Hayam Wuruk wafat tahun 1389, Majapahit merosot. Kerajaan ini kehilangan bagian daerahnya yang turut meleaskan diri bertepatan dengan datangnya agama Islam. Tahun 1300-1400 di Mlaka lambat laun agama baru tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. Hanya Iran yang beleum terjamah. Tahun 1419 ada saudagar Islam di Gresik. Tahun 1450-1500 agama Islam menguasai daerah pesisir utara Jawa Timur dan Tengah. Tahun 1440, Islam sudah sampai Ternate. Tahun 1500, di maluku sudah ada negara Islam.
Jatuhnya kerajaan Majapahit tahun 1478 tak disebabkan negara Islam di daerah pesisir melainkan kerajaan Hindu yaitu Daha-Kediri melepaskan diri dari Majapahit. Kerajaan Kediri tahun 1526 ditaklukan Sultan Demak. Sebelum kedatangan Portugis, Majapahit sudah runtuh.

Pengganti Majapahit adalah kesultanan Demak tahun 1515 meliputi pesisir utara Jawa dari Demak hingga Cirebon. Cirebon direbut Demak tahun 1475. Demak berkuasa juga di daerah Palembang dan Jambi. Jepara pun menguasai Bangka dan beberapa daerah Kalimantan.

Tahun 1546 terdapat kerajaan Demak yang meliputi Jepara. Kerajaan ini merebut Banten dan Sunda Kelapa sementara di daerah Timur ditaklukan dengan peperangan tahun 1525-1546. Pada pertempuran melawan Balambangan tahun 1546, Sultan Demak tewas lalu keadaan jadi kacau. Kesultanan Demak diganti Kesultanan Pajang meliputi daerah kesultanan Jawa Tengah.

Abad ke 12 di Maluku mulai terbentuk organisasi. Tahun 1250 di Ternate timbul suatu kerajaan Jailolo yang kecil di Halmahera. Waktu itu perkebunan rempah Maluku. Mula cengkih hanya di Ternate namun diperluas karena permintaan cengkih bertambah, maka abad 15 masyarakat Maluku tidak hanya mengumpulkan cengkeh dari hutan melainkan menananm di perkebunan. Kepala pemerintahan kota pelabuhan lambat laun menjadi raja pelabuhan. Majapahit di peisir merosot menyebabkan runtuhnya kerajaan itu.

Kedatangan agama Islam di Indonesia tidak disertai dengan serbuan tentara asing. Agama inin sampai di Indonesia melalui India dan mudah diterima masyarakat Indonesia. Pengaruh Barat dengan Hindu dan Tionghoa itu berbeda. Oleh karena itu, semua bangsa Eropa yang datang ke Indonesia, seperti : Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris berusaha memperoleh kekuasaan di laut. Lain halnya dengan kebudayaan Hindu yang azasnya sama dengan kebudayaan Indonesia.
Comments
3 Comments

3 komentar:

Kalau udah dibaca mohon sisipkan komentar ea :D
untuk kemajuan blog saya
terimakasih :D