Heeren XVII atau Gentlemen Seventeen

Posted by Triyanto.d Saputra On Jumat, 05 Oktober 2012 2 komentar
Heeren XVII atau Gentlemen Seventeen adalah nama untuk direksi Belanda Serikat East India Company (VOC), yang didirikan pada tahun 1602. Yang beranggotakan delapan berasal dari Amsterdam, empat dari Middelburg (Zeeland), dan masing-masing dari empat yang lebih kecil ruang- Rotterdam, Delft, Hoorn, dan Enkhuizen. Anggota ketujuh belas tersebut diangkat oleh Zeeland. Pengurus VOC semula hanya 60 orang, tetapi dianggap terlalu banyak sehingga diadakan pemilihan pengurus dan hanya tinggal 17 orang yang diambil dari beberapa kota. Mereka yang terpilih menjadi pengurus disebut Dewan 17 (De Heeren Seventien atau Tuan-Tuan 17) dan ketika VOC banyak urusannya maka Dewan 17 mengangkat Gubernur Jenderal (Raad van Indie) Pieter Both pada tahun 1610. Ia adalah Gubernur Jenderal VOC


Tujuannya dari Heeren XVII adalah untuk menerapkan kebijakan gubernur Perseroan, Mereka menetapkan kebijakan umum dan membagi tugas di antara kamar mereka, yang melakukan pekerjaan. Mereka membangun kapal-kapal mereka sendiri dan gudang, dan diperdagangkan barang-barang mereka
Secara teori, Amsterdam bisa kalah suara, tetapi dalam prakteknya kekuatan ini jauh banyak mempunyai suara. Salam setiap pertemuannya anggota Heeren XVII atau Gentlemen Seventeen ini bertemu dua atau tiga kali setahun di ruang ketua, baik Amsterdam (enam tahun berturut-turut) atau Middelburg (dua tahun berturut-turut). Waktu pertemuan ini, yang biasanya berlangsung selama empat sampai lima minggu, bertepatan dengan irama lalu lintas pengiriman antara Republik Belanda dan Asia.

Piagam pendiri 1.602 mengizinkan VOC membangun benteng, menunjuk gubernur, mempertahankan tentara dan armada, berperang, dan menyimpulkan perjanjian dengan kekuatan asing di Asia atas nama Jenderal Serikat Republik Belanda. Instruksi untuk gubernur harus disetujui oleh Jenderal Serikat, dan pejabat VOC atas harus bersumpah setia di hadapan Jenderal Serikat. Selain itu, komandan armada pulang-terikat harus melaporkan kondisi di Asia. Dari perspektif hukum, VOC dapat dianggap sebagai instrumen eksekutif Umum Serikat dengan mandat terbatas. Dalam prakteknya, bagaimanapun, Jenderal Amerika memiliki sedikit kontrol yang efektif dan aturan segera diabaikan. Kontak informal dekat ada antara pemerintah dan perusahaan karena direksi berasal dari kelas penguasa yang sama Bupati, tetapi kontrol resmi sangat minim sampai akhir abad kedelapan belas. Laporan keuangan yang disampaikan kepada sebuah komite dari General Amerika setiap empat tahun adalah formalitas belaka. Ketika piagam perusahaan harus diperpanjang, kesempatan terlihat terutama sebagai kesempatan yang cocok untuk mengambil uang dari direksi.

Beberapa komite menyarankan pertemuan Gentlemen Seventeen atau melakukan pekerjaan persiapan. Ada sebuah komite untuk memeriksa pembukuan, satu untuk mempersiapkan keseimbangan tahunan, lain untuk menghadiri dan mengawasi lelang perusahaan, komite perang berurusan dengan rute rahasia dan sinyal, dan satu untuk menangani korespondensi dengan Pemerintah Tinggi dan pegawai perusahaan lain di Asia. Komite yang terakhir bertemu di pondok perusahaan di Den Haag dan karena itu disebut Besogne Haags. Ini dibentuk oleh sepuluh direktur: empat dari Amsterdam, dua dari Zeeland, dan salah satu dari masing-masing ruang yang lebih kecil.

Seorang pejabat VOC penting adalah advokat perusahaan, sekretaris dewan direksi. Ia menghadiri kedua pertemuan Gentlemen Seventeen dan Besogne Haags dan menyusun resolusi dari badan-badan ini. Selain itu, ia berpartisipasi dalam pertimbangan ruang Amsterdam, dan melakukan tugas-tugas lain yang banyak untuk direksi. Advokat adalah pejabat-satunya permanen pada tingkat tertinggi dan kadang-kadang bisa mengerahkan banyak pengaruh pada kebijakan perusahaan. Pieter van Dam, misalnya, menduduki pos ini selama lebih dari lima puluh tahun dari 1.652 sampai kematiannya pada tahun 1706. Van Dam menulis nya multivolume Beschryvinge van de Oostindische Compagnie (Deskripsi East India Company) pada permintaan Gentlemen Seventeen. Pekerjaan, yang menggambarkan sejarah dan organisasi VOC, dimaksudkan untuk bertindak sebagai referensi internal dan panduan kebijakan untuk direksi. Hari ini berfungsi sebagai sumber informasi yang sangat berharga pada Perusahaan India Timur Belanda pada abad ketujuh belas.

Ada beberapa kontroversi mengenai atas ketidakmampuan dugaan pembukuan perusahaan dan menurunnya kualitas manajemen pada abad kedelapan belas. Meskipun pembukuan di Republik Belanda bisa sangat problematis dan saldo dilaporkan oleh ruang individu tidak memberikan gambaran yang lengkap, para Gentlemen Seventeen memiliki akses ke dalam angka-angka dari Asia dan rincian keuangan tambahan. Pada titik krusial, proses pengambilan keputusan itu dilembagakan dan rasional. Untuk membandingkan perusahaan dengan perusahaan multinasional modern, bagaimanapun, akan mengabaikan sarana teknologi yang tersedia terbatas dan mentalitas yang berbeda dari abad XVII dan XVIII. Kelambatan dan ketidakpastian komunikasi di luar negeri pasti membentuk link lemah dalam sistem. Patronase dan preferensi pribadi memainkan peran menentukan dalam pengangkatan direksi dan pejabat senior lainnya. Itu diterima di semua tingkatan yang, sampai batas tertentu, orang bisa memperkaya diri sendiri melalui dan pada biaya VOC. Akhirnya, manajemen tidak selalu kualitas yang konsisten. Terhadap periode ditandai oleh kebijakan aktif, inspirasi, dan inovatif pada bagian dari direksi harus diatur orang lain yang rutin, inersia, dan kelesuan yang dominan., adanya Heeren XVII,VOC mampu menguasai Indonesia karena VOC adalah organisasi dagang yang tertib dan para pengurusnya bekerja keras sehingga maju dengan pesat, banyak kerajaan di Indonesia yang mudah dikuasai VOC karena politik adu domba, dan para pedagang di Nusantara belum memiliki kesatuan dan persatuan yang kuat.









SUMBER :
Amal M. Adnan.2010.Kepulauan Rempah-rempah Perjalanan Maluku Utara 1250- 1950.Jakarta:Gramedia.
Ricklefs M.C.2008.Sejarah Indonesia Modern 1200-2008.Jakarta:PT Serambi Ilmu Semesta.
Http://myfundi.co.za/e/Heeren_XVII
Comments
2 Comments

2 komentar:

Kalau udah dibaca mohon sisipkan komentar ea :D
untuk kemajuan blog saya
terimakasih :D