Arsitekturdari
313 sampai dengan 1000
Sejarah
arsitektur gereja abad pertengahan dimulai pada tahun 313 saat ketika agama Kristen dinyatakan sebagai agama yang
legal.
Setelah
Terbebas dari penyiksaan, umat Kristen mulai membangun basilika. Basilika
paling bagus dan besar adalah Gereja St. Sophia di Konstantinopel, yang
memiliki gaya khas Byzantium. Gaya Byzantium tersebut dalam perkembangan
selanjutnya berpengaruh ke daerah-daerah dunia Muslim. Arsitektur Masjid sangat
dipengaruhi oleh gaya Byzantium itu. Salah satunya adalah masjid Umar di
Yarusalem. Para arsitek di luar Konstantinopel juga mencoba memodifikasikan
gaya Byzantium. Salah satu contoh adalah Gereja San Vitale, di Ravena, Italia
Utara. Kapel ini semula dimaksudkan untuk mausoleum Karel Agung
Periode Abad Gelap
Selama
abad gelap, di Eropa Barat tidak ada gaya khas yang berkembang. Mundurnya
peradaban Romawi berakibat pada melemahnya upaya pengembangan gaya arsitektur
orisinal. Kaum barbar, baik Jerman, Slav, maupun Finno-Ugria, paling banter
hanya bisa membuat imitasi gaya arsitektur Romawi Barat yang tengah merosot
itu.
Periode Romanesque
Istilah
ini mengacu pada seni yang berkembang di Eropa barat dari sekitar tahun 1000
hingga 1200. Gereja-gereja yang dibangun dengan gaya baru di segala penjuru
Eropa barat mengingatkan kembali pada basilika-basilika yang dibangun di Roma
pada abad IV, V, dan VI. Itulah sebabnya maka gaya baru ini disebut Romansque. Salah satu gereja gaya Romanesque yang
terkenal adalah katedral Pisa, yang selesai dibangun pada 1093. Contoh lain
dari bangunan gaya Romanesque yang perlu dicatat adalah gereja biara Cluny.
Gereja ini diresmikan pada 1131. Gereja Cluny merupakan gereja yanh sangat
besar dan megah.
Arsitektur Gothik
Istilah
gothik mengacu pada seni –arsitektur, lukis, dan pahat – tiga abad terakhir
zaman pertengahan. Istilah ini berasal dari para penulis akhir Abad Pertengahan
yang lebih menaruh perhatian pada kebudayaan Yunani-Romawi daripada kebudayaan
abad pertengahan sendiri. Arsitektur gothik adalah kreasi para genius abad
pertengahan. Sebagai gaya dalam seni, gaya Gothik ini adalah lebih baik jika
diperbandingkan dengan gaya-gaya lainnya. Pengaruh arsitektur Gothik lebih luas
daripada gaya Romanesque. Perbedaan utama antara gaya ini adalah bahwa gaya
Gothik serba lancip, sedangkan Romanesque serba bundar. Arsitektur Gothik pertama-tama berkembang di
Prancis tengah, terutama di daerah sekitar Paris. Abad XIII merupakan puncak
perkembangan arsitektur Gothik . selama masa pemerintahan Raja Louis IX
(1226-1270) bermunculanlah karya-karya besar seperti katedral-katedral di
Reims, Amiens, Paris, Beauvais, dan yang terbagus adalah katedral Sainte
Chapelle, yang berhadapan dengan Notre Dame di Paris. Meskipun arsitektur
Gothik pada mulanya muncul di sekitar Paris, ini tidak berarti bahwa gaya ini
semata-mata milik Prancis. Arsitektur ini tetap dianggap sebagai hasil dari
semangat Kristianitas, karena kristen merupakan agama yang merambah seluruh
kawasan Eropa barat.
Dekorasi Gothik
Ide-ide
Gothik bukan hanya tampak pada gaya arsitektur, tetapi juga pada dekorasi seni
patung, lukis, hiasan, serta pada setiap bentuk seni kerajinan, termasuk
kerajinan yang terbuat dari besi. Motif atau corak dekorasi yang mengandung
pesan ajaran kristen. Telah lama gereja menampakkan imaji-imaji tentang Allah
Bapa, Kristus, Perawan Maria, para tokoh suci serta malaikat. Penampakan
imaji-imaji itu dimaksudkan untuk mendorong semangat keagamaan umat Kristen.
Seni Pahat: Romanesque dan Gothik
Pahatan
menggambarkan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Kristus serta para santo banyak
dijumpai di gereja-gereja. Selama masa Romanesque penggambaran
peristiwa-peristiwa tersebut kurang tampak hidup. Hasilnya, seni pahat
Romanesque tidak tampak naturalistik. Lain halnya dengan para pemahat Gothik.
Sebelum memahat, mereka pahat secara cermat dan naturalistik. Mereka amati
kedetilan lekuk-lekuk anatominya. Barulah mereka mulai memahat. Satu hal yang
khas dalam seni pahat Gothik adalah penampilannya yang kaku.
Seni Lukis
Tembok
yang rata biasnya dihiasi dengan fresco – gambar yang dilukis dengan air kapur
berwarna yang dipakai pada gips yang basah, sesuai dengan sketsa karbon yang
telah dirancang. Bentuk lukisan terbaik
sebelum tahun 1300 adalah karya para miniaturis. Para miniaturis Irlandia
terkenal sebagai ilustator yang piawai, yang membuat hiasan-hiasan yang begitu
indah dan kompleks pada buku-buku para biarawan. Karya-karya mereka mencapai
puncak perkembangannya selama periode Gothik.
Seni Lukis Italia
Karena
gaya Gothik merupakan produk Eropa utara, pengaruhnya tidak begitu kuat di
Italia. Para seniman Italia cenderung tetap mempertahankan metode-metode dan
konsepsi-konsepsi lama, yang disebut Greek (Yunani) atau Byzantine (Byzantium).
Sama seperti para penganut naturalisme Gothik, para seniman Italia pada mulanya
juga lebih senang menciptakan lukisan-lukisan tentang alam, seperti binatang,
tumbuhan, bunga, dan sebagainya. Oleh karena itu ketika mereka harus membuat
lukisan tentang manusia, hasilnya tampak kaku, dan tidak riil. Dengan kata
lain, mereka bersikap tradisional. Para seniman Italia yang pertama-tama
menunjukkan perubahan sikap terhadap komposisi warna, anatomo, pencahayaan,
bayangan, dan animasi adalah Cimabue (1302) dan muridnya, Giotto (1336) mereka
adalah seniman Florence (Firenze). Karya terbesar Giotto dapat kita lihat di
Arena Chapel katedral Padua dan Bardi Chapel Gereja Santa Croce di Florence.
Para pelukis sesudah Giotto cenderung sebagai epigon-epigonnya. Mereka hanya
bisa mengikuti model-model yang telah dirintis Giotto, tetapi tak mampu
menandinginya.
Seni
pahat, seperti halnya seni lukis, mengalami serangkaian perubahanyang sangat
berarti dalam abad XIV. Sebelum tahun 1300, pahatan-pahatan yang menggambarkan
manusi tampak kaku. Karya-karya itu sebagian besar adalah hasil kerja para
seniman penganut model Yunani. Ayah dan
anaknya yang bernama Niccola dan Giovanni Pisano menghasilkan pahatan-pahatan
pada mimbar besar di katedral-katedral di Pisa, Siena, dan Pistoia. Karya-karya
ini sudah menunjukkan semangat Gothik. Giotto, selaim pelukis, adalah juga
pemahat. Pengaruhnya dalam dunia seni pahat tidak kalah besarnya dengan
pengaruhnya dalam dunia seni rupa. Ketenaranya antara lain karena karya-karya
pahatannya pada panel-panel rendah, yang ia rancang untuk menghiasi menara
lonceng Gereja Santa Maria dan Katedral Florence. Panel-panel karya Giotto
tersebut tampak sederhana. Tetapi justru karena itu, karya-karya tersebut
mengundang banyak perhatian. Dan sejak saat itulah para pemahat meninggalkan
metode penggambaran yang serba semarak.
Seni Lukis Flanders
Di
Eropa Utara, perintis inovasi dalam dynia seni Lukis adalah para seniman
Flanders. Hubert dan Jan van Eyck
bersaudara menunjukkan inovasi itu pada karya-karya miniatur mereka yang
menjadi ilustrasi pada buku-buku agama. Inovasi lainnya yang dipelopori Van
Eyck bersaudara ini adalah penggunaan cat minyak dalam melukis. Kapan tepatnya
perintisan inovasi ini dimulai sebenarnya masih kabur. Setelah Van Eyck
bersaudara, pelukis lainnya yang perlu dicatat adlah Rogier van der Weyden
(1464). Ia memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menggambarkan
insiden-insiden dramatis, dan mampu membangkitkan emosi yang pedih. Seniman
lukis Flanders lainnya lagi yang perlu dicatat adalah Hans Memling (1494. Ia
berasal dari Bruges. Ciri khas dari karyanya adlah sentuhan yang halus dan
sentimentil.
Seni Pahat Flanders
Seni
pahat Flanders, seperti halnya seni lukisnya, mencapai puncak perkembangannya
pada awal abad XV. Ciri khas yang menonjol yang dapat kita amati dalam
karya-karya besar yang ada adalah mencuatnya gagasan-gagasan naturalisme,
idealisme religius, dan corak penderitaan yang pedih. Seniman pahat Flanders
yang terkemuka adalah Claus Sluter, yang berkerja pada istana Duke Philipe di
Burgundia. Sluter ditugasi untuk mendekorasi biara Carthuisan di Champmol,
dekat Dijon, yang dipersembahkan sebagai mausoleum para pangeran Burgandia.
Seni Musik Abad Pertengahan
Seperti
halnya dengan seni lukis, pahat, dan arsitektur, seni musik abad pertengahan
diabadikan untuk gereja. Lagu-lagu dan tari-tarian rakyat sudah barang tentu
tetap ada. Namun, karena sebagian besar bukti karya-karya populer itu sudah
lenyap, maka kita tidak dapat merekontruksikannya dengan baik. Bahkan musik
Yunani dam Romawi telah dilupakan orang. Kreasi seni seorang seniman musik
cenderung dilupakan begitu sang seniman tiada. Apalagi seni musik kuno, entah
Yahudi, dan Romawi, yidak tertulis, sehingga cepat hilang. Demikian jugalah
seni musik populer atau seni musik rakyat abad pertengahan. Meskipun begitu
kita tidak boleh berasumsi bahwa abad pertengahan tidak mengenal musik rakyat
semacam itu, hanya kaarenaa bukti-bukti historis yang kita dapatkan semata-mata
berkaitan dengan musik gereja. Liturgi
atau kebangkitan gereja banyak menggunakan musik. Pada mulanya para pemimpin
gereja tidak suka menggunakan musik dalam kebangkitan keagamaan. Alasan
utamanya adalah karena musik telah menjadi bagian dalam ritus-ritus kaum kafir,
pertunjukan-pertunjukan gladiator, maupun hiburan-hiburan tak bermorak dalam
masyarakat kafir. Namun, meski betapa
kerasnya sikap para pemimpin gereja, secara perlahan-lahan musik menyelinap
masuk ke dalam gereja. Inovasi dalam seni musik banyak bermunculan saat puncak
abad pertengahan tiba. Guido d’Arezzo (1050) melengkapi sistem notasi yang
telah dikembangkan pada masa itu. Ia menggunakan lima garis paralel yang di
atasnya terdapat not-not balok untuk menandai pola titinada. Organ adalah alat
musik yang paling penting dalam abad pertengahan. Alat musik ini telah
diketemukan jauh sebelumnya. Selain alat musik tiup, alat musik bersenar juga
digunakan. Oarang Yunani kuno telah mengenal alat musik bersenar yang disebut
cithara. Alat ini dimainkan dengan jari.
Begitu
banyak aspek kehidupan akhir abad pertengahan yang menjadi sumber inspirasinya
para seniman Gothik. Dan begitu eratnya kaitan antara kreasi-kreasi kesenimanan
mereka dengan apa yang menjadi puncak-puncak peradaban Abad pertengahan, sehingga
periode ini kemudian lazim disebut Zaman
Gothik
3 Comments
nice :)
BalasHapusSAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
HapusDEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<
SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<
Coba lebih jelas lagi pembahasannya, thanks
BalasHapus